Lidah berambut, bisa jadi terkena leukoplakia


Leukoplakia adalah bercak putih atau abu-abu yang berkembang di lidah atau bagian dalam pipi. Ini adalah reaksi mulut terhadap iritasi kronis pada selaput lendir mulut. Bercak Leukoplakia juga dapat berkembang di daerah genital wanita; Namun, penyebabnya tidak diketahui.

Pertumbuhannya dapat terjadi kapan saja dalam hidup Anda, tetapi paling sering terjadi pada orang tua.

Leukoplakia berambut pada mulut adalah bentuk leukoplakia yang tidak biasa yang hanya terlihat pada orang yang terinfeksi HIV , menderita AIDS , atau kompleks terkait AIDS . Ini terdiri dari fuzzy, maka nama berambut bercak putih di lidah dan lebih jarang di tempat lain di mulut. Ini mungkin menyerupai sariawan , infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida yang, pada orang dewasa, biasanya terjadi jika sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi

Apa Penyebab Leukoplakia?

  • Iritasi dari gigi kasar , tambalan , atau mahkota, atau gigi palsu yang tidak pas yang bergesekan dengan pipi atau gusi Anda
  • Kronis merokok , pipa merokok , atau lainnya tembakau penggunaan
  • Paparan sinar matahari ke bibir
  • Kanker mulut , meskipun jarang
  • HIV atau AIDS

Apa gejalanya?

Adanya bercak putih atau abu-abu di lidah, gusi, atap mulut Anda, atau bagian dalam pipi mulut Anda mungkin merupakan tanda leukoplakia. Tambalan mungkin telah berkembang perlahan dari minggu ke bulan dan menjadi tebal, sedikit terangkat, dan pada akhirnya bisa menjadi tekstur yang mengeras dan kasar. Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi mungkin sensitif terhadap sentuhan, panas, makanan pedas, atau iritasi lainnya.

Bagaimana Leukoplakia Didiagnosis?

Dokter gigi Anda mungkin mencurigai leukoplakia pada pemeriksaan; namun, biopsi kemungkinan akan diambil untuk menyingkirkan penyebab lain, seperti kanker mulut . Selama biopsi, sepotong kecil jaringan dari lesi akan diangkat untuk diperiksa di laboratorium. Agen mati rasa akan digunakan sehingga Anda tidak akan merasakan sakit .

Berikut ini cara mengobati Leukoplakia yang disarankan oleh Artria:

Perawatan, jika perlu, melibatkan menghilangkan sumber iritasi. Misalnya, jika leukoplakia disebabkan oleh gigi yang kasar atau permukaan yang tidak teratur pada gigi palsu atau pengisian gigi akan dihaluskan dan peralatan gigi diperbaiki. Jika leukoplakia disebabkan oleh merokok , Anda akan diminta untuk meminimalkan atau berhenti merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya.

Leukoplakia biasanya tidak berbahaya, dan lesi biasanya hilang dalam beberapa minggu atau bulan setelah sumber iritasi dihilangkan. Jika menghilangkan sumber iritasi tidak efektif dalam mengurangi leukoplakia, lesi mungkin perlu diangkat melalui pembedahan. Lesi dapat diangkat baik oleh dokter gigi umum Anda atau oleh dokter bedah mulut di kantor mereka di bawah anestesi lokal.

Leukoplakia berbulu membutuhkan perawatan dengan obat antivirus.

Kunjungi juga:


Subscribe to receive free email updates: