Gejala dan penyebab kapalan






Kapalan
Jagung dan kapalan adalah lapisan kulit yang tebal dan mengeras yang berkembang ketika kulit Anda berusaha melindungi diri dari gesekan dan tekanan. Mereka paling sering berkembang di kaki dan jari kaki atau tangan dan jari. Jagung dan kapalan bisa menjadi tidak sedap dipandang.

Menurut Artria
Jika Anda memiliki diabetes atau kondisi lain yang menyebabkan aliran darah yang buruk ke kaki Anda, Anda berisiko lebih besar mengalami komplikasi dari jagung dan kapalan. Mintalah nasihat dokter Anda tentang perawatan yang tepat untuk jagung dan kapalan jika Anda memiliki kondisi seperti itu.

Gejala
Anda mungkin memiliki jagung atau kapalan jika Anda perhatikan:

Daerah kulit yang tebal dan kasar
Benjolan keras dan terangkat
Kelembutan atau rasa sakit di bawah kulit Anda
Kulit terkelupas, kering atau berlilin
Jagung dan kapalan bukan hal yang sama.

Jagung lebih kecil dari kapalan dan memiliki bagian tengah yang keras dikelilingi oleh kulit yang meradang. Jagung cenderung tumbuh di bagian kaki yang tidak berat, seperti bagian atas dan samping jari kaki dan bahkan di antara jari kaki. Mereka juga dapat ditemukan di area yang menahan beban. Jagung bisa terasa sakit saat ditekan.
Kapalan jarang menyakitkan. Mereka biasanya berkembang di telapak kaki Anda, terutama di bawah tumit atau bola, di telapak tangan, atau di lutut. Kapalan bervariasi dalam ukuran dan bentuk dan seringkali lebih besar dari jagung.
Kapan harus ke dokter
Jika jagung atau kalus menjadi sangat sakit atau meradang, temui dokter Anda. Jika Anda memiliki diabetes atau aliran darah yang buruk, hubungi dokter Anda sebelum melakukan perawatan sendiri jagung atau kalus karena bahkan cedera kecil pada kaki Anda dapat menyebabkan luka terbuka yang terinfeksi (maag).

Penyebab kapalan
Tekanan dan gesekan dari tindakan yang berulang menyebabkan jagung dan kapalan tumbuh dan tumbuh. Beberapa sumber tekanan dan gesekan ini termasuk:

Mengenakan sepatu yang tidak pas. Sepatu ketat dan sepatu hak tinggi dapat mengompres area kaki Anda. Saat alas kaki terlalu longgar, kaki Anda bisa berulang kali bergeser dan bergesekan dengan sepatu. Kaki Anda juga bisa bergesekan dengan jahitan atau jahitan di dalam sepatu.
Lewati kaus kaki. Mengenakan sepatu dan sandal tanpa kaus kaki dapat menyebabkan gesekan pada kaki Anda. Kaus kaki yang tidak pas juga bisa menjadi masalah.
Memainkan instrumen atau menggunakan alat-alat tangan. Kapalan di tangan Anda mungkin hasil dari tekanan berulang instrumen bermain, menggunakan alat-alat tangan atau bahkan menulis.
Faktor risiko
Bunion
Bunion
Hammertoe
Hammertoe
Faktor-faktor ini dapat meningkatkan risiko jagung dan kapalan:

Bunion. Bunion adalah tonjolan tulang yang abnormal yang terbentuk pada sendi di dasar jempol kaki Anda.
Hammertoe. Hammeroe adalah kelainan bentuk jari-jari kaki Anda seperti cakar.
Kelainan bentuk kaki lainnya. Kondisi tertentu, seperti taji tulang, dapat menyebabkan gosokan yang konstan di dalam sepatu Anda.
Tidak melindungi tangan Anda. Menggunakan alat-alat tangan tanpa mengenakan sarung tangan membuat kulit Anda mengalami gesekan yang berlebihan.
Pencegahan
Pendekatan ini dapat membantu Anda mencegah jagung dan kalus:

Kenakan sepatu yang memberi jari kaki Anda banyak ruang. Jika Anda tidak bisa menggerakkan jari kaki, sepatu Anda terlalu kencang. Suruh toko sepatu merentangkan sepatu Anda di titik mana pun yang bergesekan atau terjepit.
Gunakan penutup pelindung. Kenakan alas yang terasa, bantalan jagung yang tidak diformulasikan, atau perban di atas area yang bergesekan dengan alas kaki Anda. Anda juga dapat mencoba pemisah jari kaki atau wol domba di antara jari-jari kaki Anda.
Kenakan sarung tangan empuk saat menggunakan alat tangan. Atau coba bantalan gagang alat Anda dengan kain atau penutup.

Subscribe to receive free email updates: